DAUN SALAM

DAUN SALAM OBAT DIARE, KENCING MANIS, MAAG,

MABUK ALKOHOL, KUDIS DAN GATAL

Daun salam Syzygium polyanthum (Wight.) Walp. Dengan sinonim Eugenia polyantha Wight. DanĀ  Eugenia lucidula Miq, termasuk ke dalam Fami;ia Myrtaceae.

Daun salam memiliki berbagai nama daerah. Di Sumatera disebut: meselangan, daun salam, ubar serai (Melayu). Jawa: salam (Jawa, Sunda, Madura), gowok (Sunda), manting (Jawa), kastolam (Kangean).

Sosok Tanaman salam

Salam tumbuh liar di hutan dan pegunungan, atau ditanam di pekarangan dan sekitar rumah. Tanaman ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 m dpl.

Read more…


Anggur

BUAH ANGGUR BERPOTENSI ANTI KANKER

Oleh Tarmizi, B.Sc, S.Pd

Di balik rasa anggur yang manis dan segar ternyata anggur eropa yang biasa diolah menijadi minuman wine menyimpan potensi sebagai anti kanker. Meski baru tahap identifikasi, tapi resveratrol, yang dikandungnya memberikan harapan baru bagi pengembangan pengobatan penyakit mematikan ini. Yang menggembirakan, jenis anggur eropa ini bisa tumbuh dengan baik di Indonesia.

Read more…


MENGOLAH BUAH NONA MENJADI SALAP, TAPAL, OBAT DEMAM, DISENTRI, BISUL, DAN PENGUSIR KUTU BUSUK

Oleh Tarmizi, B.Sc, S.Pd

Buah nona yang dikenal juga dengan manua (Annona reticulate L) dengan nama lain Annona asiatica Lour termasuk keluarga Annonaceae. Di Sumatera orang mengenalnya sebagai serba rasa, buah nona, buah tigoraso, jambu nona, dan buah una. Masyarakat di Jawa menyebutnya manowa, manua, kanowa, kemulwa, kamulwo, kluwa, malowa, mulwa, binuwa, dan binowa. Orang di Nusatenggara menyebutnya nona dae lok, dan ata kase. Masyarakat di Sulawesi menyebutnya sebagai manunang, buwah nonang, sirikaya doke, sirikaya susu, dan sirikaja lasetelong. Di Maluku dikenal dengan sebutan boi non, buwah nyonya, nona, dan nonas (Depkes RI, 1985).

Read more…


Cengkeh sebagai Obat

Cengkeh bahan obat sakit gigi,
sakit kepala,pegal linu, lemah syawat

Oleh : Tarmizi, BSc, S.Pd

Cengkeh Syzygium aromaticum L termasuk dalam Familia Myrtaceae. Di IndonesiaSumatera disebut Bungeu lawang, bunga lawang, singke, bunga lasang, sake, kembang lawang, cengkeh, bunga cangkeh, cangkih. Orang Jawa menyebutnya Cengkeh, cengke. Masyarakat di Nusatenggara mengenalnya sebagai :Cengkeh, wunga lawang, cangke, singke, palasenge, sengke. Penduduk di Sulawesi menamakannya Bunga rawan, single, bunga lawang, hungo lawa, cangke, cengke. Orang di Maluku menyebutnya Poirawane peela ano, pualawane, perawano, bung lawa, gomode, bululawa, buwalawa, gomede. Cengkeh memiliki berbagai sebutan dengan Nama daerah. Di

Read more…