Home » Artikel Ilmiah » Cabe sebagai Obat

 
 

Cabe sebagai Obat

 
 

Tarmizi,.Sc.,S.Pd

Cabe rawit juga berkhasiat obatCabe bahan obat sakit gigi, jamu putri, pelangsing,
diabetes, impotensi, dan jamu lelaki
Oleh Tarmizi, B.Sc., S.Pd

Cabe atau cabe besar atau cabe merah keriting di Indonesia dikenal dalam banyak nama daerah. Penduduk Sumatera menyebutnya Kidi-kidi, capli, leudeu, lasina, lada, cabai. Di Jawa disebut Lombok, cabe, cabbhi. Dikenal di Kalimantan sebagai Lia, lada, sebel. Masyarakat di Nusatenggara mengenalnya sebagai Tabia, sabia, mbaku hau, hili, karo, kuyu, risa, unus, kulus. Warga Sulawesi menyebutnya Molita, malta, ladang.
Cabe termasuk dalam Familia Solanaceae.
Para peracik jamu mengenalnya dengan nama simplisia Capsici Fructus untuk Buah Cabe atau Cabe.
Cabe mempunyai rasa pedas yang berbeda tergantung pada varietas cabe. Rasa pedas pada cabe ini dikontrol oleh capsaicin.
Untuk jenis cabe kriting (C.annum var termasuk jenis cabe C.annum var minium atau C.annum var glabriusculum)
kandungan capsaicinnya +10,8 %, untuk jenis Chili atau cabe rawit kecil lebill dari 1,3 % capsaicin.
Kandungan zat gizi 100 gram bahan KandunganCabe merah segar:
Kalori (kal)31; Protein (g)1,0; Lemak (g)0,3; Karbohidrat(7,3 g); Kalsium; (29 mg); Pospor (24mg); Besi (0,5 mg); Vit A (470 SI); Vit B (10,05mg); Vit C (18 mg); Air 90,9; bdd 85
Kandungan kimia Buah cabe antara lain Kapsaisin, kapsisin, kapsatin, kapsarubin, karoten, karotenoid, minyak lemak, vitamin A, B,dan C.
Capsaicin
Capsacin merupakan alkoloid yang terdapat dalam cabe
Nama kimia capsaicin adalah (E)-N-(4 hidroksi-3-rretoksiphenilmetil) 8-metil-6-none amida; trans-8 meti-N-Vinilil-6-noneamida; N(4 hidroksi-3-metoksi benzil)-8-metil none –trans-6-amida; C18H 27 NO 3
Capcaicin mempunyai sifat kimia dan fisika sebagai berikut:
1. Kelarutan, mudah larut dalam eter, benzen, klo,roform, air panas dan sedilcit larut dalam CS2.
2. Bentuk kristal segi empat monoklin
3. Titik leleh dalam petrolium eter 650C
4. UV max 227, 281
Senyawa yang mengontrol rasa pedas adalah capsaicin, suatu alkoloid Yang terdapat pada plasenta (dimana dapat dilihat berupa bunga karang penghubung antar biji, cabe) Adanya capsaicin dikontrol oleh gen. Selain itu rasa pedas juga dipengeruhi oleh keadaan iklim dan tanah dimana cabe itu tumbuh (Botani,1982,h.66).
Khususnya tanaman cabe (Capsicum sp) diperkirakan ada 20-an spesies yang sebagian besar masih tumbuh di Amerika tampat asalnya. Dan dari sekian spesies itu baru beberapa yang dicatat yaitu cabe besar (C.annum) cabe kecil (C.fruscens), C.baccatum, C. pubescens dan C. Chinewa. Cabe besar masih mempunyai banyak varietas, ada yang dikenal dengan cabe merah (Capsicum annum valongum), cabe bulat (C.annum var abbrivieta), paprika (C.annum grosum), cabe hijau (C.annum var annum), C annum var minimun atau C. annum var glabriusculum.
Cabe kecil atau C frutecens, sering mendapat sebutan sebagai cabe rawit. cabe kecil ini juga terdiri dari berbagai varietas. Ada cabe kecil berukuran mini, ada juge yang dikatakan cabe putih alias nengek,stau lombok caplik. Cabe kecil beukuran mini ini lebih pedas dari cabe kecil biasa. (Bertanam Cabai, 1989, h.3-5)
Kebanyakan dari cabe Jenis Chili atau Tobasco adalah Jenis cabe yang pedas yang merupokan species dari cabe C. frutecens. (Botani, 1982, h.467).
Salah satu cabe untuk mendapatkan capsaicin adalah ekstraksi secara berulang. Ekstraksi soklet adalah ekstraksi secara berulang secara automatis. (Practical Organik Chemistry Tricluden Qualitative Organik Analysis, 1958, h.153).
Kegunaan Buah cabe antara lain penambah nafsu makan dan perangsang kulit. Sedangkan Getah daun muda untuk mempermudah persalinan.
Sakit Gigi
Jika sakit gigi tidak segera diatasi, dapat mengganggu aktivitas, karena sakit gigi juga akan menimbulkan gangguan-gangguan yang lain, seperti: sakit kepala, tidak nafsu makan, tidak bisa tidur, emosi meningkat, dan lain-lain.
Penyebab:
Sakit gigi disebabkan oleh lapisan email terkikis. Menipisnya lapisan email menyebabkan gigi menjadi rentan terhadap perubahan suhu makanan atau minuman sesuai dengan suhu tubuh. Rasa sakit dapat juga terasa karena adanya lubang pada gigi, sehingga saraf gigi menjadi rusak yang kemudian menimbulkan rasa sakit yang terus menerus.
Pengobatan:
• Cabai hijau dipotong ujungnya sedikit kemudian dibakar. Setelah panas, cabai ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Jamu puteri madura
Jamu tradisi madura ini ditujukan untuk keharmonisan suami isteri dalam menikmati nafkah batin. Supaya merasak kenikmatan berlipat ganda.
1 buah lombok hijau, 100 gram daun papaya, 20 gram daun sirih, asam kawak (asam jawa yang sudah lama dan hitam tanpa biji) secukupnya. Lombok, daun papaya, daun sirih ditumbuk halus, tambahkan air ½ gelas, diperas dan disaring. Tambahkan asam kawak ke dalam air perasan tadi dan diaduk rata.
Minumlah ramuan tersebut pagi dan menjelang tidur malam selama sebulan. Selanjutnya lakukan 2 kali seminggu. Jangan sering makan buah yang banyak airnya, minum es. Sebaiknya minum teh pahit saja.
Lumpia pelangsing dan diabetes
Masakan lumpia ini sesuai untuk mereka yang menjalankan diet langsung, juga baik sekali untuk penderita kencing manis atau diabetes.
Sediakan bahan berikut: wortel, 25 gram, daging kepiting 50 gram, buncis 25 gram, bengkuang 25 gram, daun selada 3 lembar, kulit lumpia 3 lembar, jamur hitam 3 buah direndam dan diiris, cabe hijau 2 buah, cabe merah 2 buah, 1 siung bawang putih, kecap asin manis 2 sendok makan, merica dan garam sedikit, minyak tanpa kolesterol secukupnya.
Jamur, wortel, buncis, bengkuang diiris halus memanjang, cabe merah dan cabe hijau diiris menyerong. Bawang putih dihaluskan lalu ditumis dengan sedikit minyak sampai menguning. Masukkan daging kepiting, wortel, jamur, buncis, bengkuang, cabe merah, cabe hijau dan ditumis kembali sampai masak. Terakir masukkan bumbunya dan diaduk rata, diangkat dan biarkan dingin. Ambil 1 lembar kulit lumpia beri 1 lembar daun selada, masukkan sayur isi ke dalamnya lalu digulung dan siap untuk dimakan.
Impotensi
Impotensi adalah ketidakmampuan penis untuk ereksi (tegang) sehingga tidak dapat melakukan hubungan suami-istri.
Penyebab: Faktor utama yang sering menjadi penyebab impotensi adalah faktor psikis. Akan tetapi, impotensi dapat juga disebabkan oleh penyakit-penyakit organik, antara lain: penyakit jantung, diabetes, gagal ginjal, luka pada sumsum tulang, pemakaian obat atau alkohol, dan lain-lain.
Pengobatan:
• 100 gram cabe hijau, 100 gram cabe merah, 150 gram tomat, 3 iris kunyit, 3 iris lengkuas, 3 iris jahe, 500 gram buah paria/pare, 250 gram kerang hijau yang sudah dikupas, 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 lembar daun salam, 1 batang serai, gula pasir dan garam secukupnya. Buatlah bahan tadi sebagai tumis setengah matang dan dimakan. lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Jamu lelaki
100 gram kucai segar dipotong-potong sebesar 5 cm. 2 telur ayam dikocok sampai rata, masukkan kucai dan 50 gram udang.segar. tambahkan irisan 2 cabe merah, 1 sendok teh minyak wijen dan garam sedcukupnya. Panaskan minyak goreng dan masukkan baha tadi sambil didadar hingga matang. Hidangkan bersama saus tomat.
Pemuas suami
2 buah cabe hijau, 100 gram daun papaya, 20 gram daun sirih, ditumbuk jadi satu. Tambahkan ½ gelas air panas lalu disaring. Masukkan asam kawak sedikit, diaduk rata. Minumlah ramuan ini oleh wanita yang ingin memuaskan suaminya. Lakukan tiap pagi dan malam menjelang tidur, selama sebulan. (Tarmizi, B.Sc, S.Pd/ UNP) Diposkan oleh Tumbuhan Obat & Sains di 01:17

 

No comments

Be the first one to leave a comment.

Post a Comment