kacang kapri


Ubanan Sebelum Waktunya

Uban yang tumbuh pada usia paruh baya merupakan hal yang wajar dan tidak clapat dihindari. Hal ini terjadi karena berkurangnya pigmen rambut karena proses menua. Akan tetapi, uban clapat juga terjadi pada usia muda.

Penyebab:

Ubanan sebelum waktunya disebabkan oleh faktor keturunan atau dapat juga karena suatu penyakit sehingga mempengaruhi pigmen rambut. jika kadar pigmen rambut tinggi, rambut akan berwarna hitam atau rambut akan berwarna putih jika tidak ada pigmen sama sekali.

Pengobatan:

  • Kacang hitam secukupnya direndam lalu dimasak menurut selera, kemudian dimakan.
  • 1 sendok makan biji pepaya kering disangrai lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa, aduk hingga rata, kemudian digosokkan pada kulit kepala dan rambut.

Pilih satu rerep, lakukan secara  teratur 2 kali sehari.

Katarak

Katarak merupakan gangguan umum yang biasa terjadi pada usia di atas 60 tahun. Gejala dari katarak adalah kaburnya penglihatan secara perlahan-lahan tanpa rasa sakit dan bagian mata yang kabur tergantung pada bagian lensa yang mengalami kekeruhan. jika tidak segera diatasi, katarak dapat mengakibatkan kebutaan.

Penyebab:

Katarak pada orang tua disebabkan oleh proses menua, yang biasanya terjadi pada kedua lensa mata. Katarak juga, dapat disebabkan oleh perubahan lingkungan.

Pengobatan:

  • 50 gram kacang kapri direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. Tunggu sampai airnya hangat lalu diminum dan kacang kaprinya dimakan. Lakukan secara  teratur 2 kali sehari, jika telah sampai 10-12 hari, pengobatan dihentikan selama 3 hari. Setelah itu pengobatan boleh dilanjutkan lagi.

Menurunkan kolesterol

Sediakan bahan berikut: kacang polong 15 gram, wortel 25 gram, tepung jagung (maizena) 40 gram, rambut jagung 20 gram, gula merah 50 gram, air bersih ½ liter. Rambut jagung direbus dengan 500 ml air dan biarkan mendidih  hingga airnya tinggal 250 ml (1/4 liter), disaring dan diambil airnya. Tambahkan wortel, tepung jagung, dan kacang polong ke dalam air rebusan rambut jagung dan dimasak sampai mendidih. Masukkan gula merah dan diaduk rata. Minumlah jamu manis ini untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Jika tak tersedia, tepung jagung juga bisa diganti dengan jagung.