DAUN SALAM

DAUN SALAM OBAT DIARE, KENCING MANIS, MAAG,

MABUK ALKOHOL, KUDIS DAN GATAL

Daun salam Syzygium polyanthum (Wight.) Walp. Dengan sinonim Eugenia polyantha Wight. Dan  Eugenia lucidula Miq, termasuk ke dalam Fami;ia Myrtaceae.

Daun salam memiliki berbagai nama daerah. Di Sumatera disebut: meselangan, daun salam, ubar serai (Melayu). Jawa: salam (Jawa, Sunda, Madura), gowok (Sunda), manting (Jawa), kastolam (Kangean).

Sosok Tanaman salam

Salam tumbuh liar di hutan dan pegunungan, atau ditanam di pekarangan dan sekitar rumah. Tanaman ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 m dpl.

Pohon bertajuk rimbun, tinggi mencapai 25 m, berakar tunggang, batang bulat, permukaan licin. Daun tunggal, letak berhadapan, bertangkai yang paniangnya 0,5-1 cm. Helaian daun bentuknya lonjong sampai elips atau bundar telur sungsang, uJung meruncin g, pangkal runcing, tepi rata, panjang 5-15 cm, lebar 3-8 cm, pertulangan menyirip, permukaan atas licin berwarna hijau tua, permukaan bawah warnanya hijau muda. Daun bila diremas berbau harum. Bunganya bunga majemuk tersusun dalam malai yang keluar dari ujung ranting, warnanya putih, baunya harum. Buahnya buah buni, bulat, diameter 8-9 mm, warnanya bila muda hijau, setelah masak menjadi merah gelap, rasanya agak sepat. Biji bulat, penampang sekitar 1 cm, warnanya coklat.

Salam ditanam untuk diambil daunnya sebagai pelengkap bumbu dapur, kulit pohonnya dipakai sebagai bahan pewarna jala atau anyaman bambu,

Perbanyakan dengan biji, cangkok atau stek.

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis: Daun salam : Rasa kelat, wangi, Adstringen.

Kandungan Kimia

Daun salam antara lain mengandung : Minyak atsiri (0,05 %) mengandung sitral dan eugenol, tanin dan flavonoida.

Bagian yang Dipakai:

Daun, kulit batang, akar dan buah.

Kegunaan daun salam sebagai obat Diare,  Sakit maag (gastritis),  Kencing manis, Mabuk akibat alkohol. Daun salam juga dipakai sebagai bumbu gulai.

Pemakaian Untuk minum: 7-20 lembar daun salam , direbus.

Pemakaian luar. Kulit batang salam, daun atau akar setelah dicuci bersih digiling halus sampai seperti bubur, Digunakan untuk pemakaian setempat pada infeksi kulit seperti kudis dan gatal-gatal.

Cara meramu daun salam untuk obat

Diare:

Penyebab diare terbanyak di Indonesia adalah karena infeksi. Penyebab lain karena interaksi (ketidakseimbangan) makanan, pe-nyakit-penyakit yang berkaitan dengan faktor kekebalan dan tumor/ kanker. Pada mag yang akut sering diobat sendiri, biasanya bila tetap tidak sembuh dan termasuk kronis baru pergi ke dokter.

pengobatan Diare:

  • 15 g daun salam dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air bersih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin disaring lalu diminum.

Obat Kencing manis:

Penderita Diabetes golongan ekonomi lemah tak perlu khawatir akan naiknya harga obat-obatan di pasaran. Disekitar kita banyak nian tumbuhan yang berkhasiat obat antidiabetes. Menurut data dari berbagai sumber, di Asia Tenggara sedikitnya ada 45 jenis tanaman, di luar daun salam penghasil antidiabetes.

  • 7 lembar daun salam dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum.

Radang lambung/maag

Maag merupakan iritasi atau infeksi yang menyebabkan dinding lambung menjadi merah, bengkak, berdarah, dan berparut.

Tukak lambung/peptic ulcer merupakan luka yang terjadi pada lapisan mukosa usofagus bagian bawah, lambung, dan usus. Gejala yang mengawali tukak lambung adalah rasa perih yang menggigit-gigit pada perut bagian atas.

Penyebab:

Maag disebabkan pola makan yang tidak teratur dan jenis bahan makanan yang kurang baik. Kebiasaan mengkonsumsi bahan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin juga dapat menimbulkan peradangan pada lambung. Beberapa hal yang dapat menyebabkan iritasi lambung adalah: alkohol, obat-obatan tertentu yang dapat mengiritasi lambung, kafein, dan lain-lain.

Rasa perih juga terasa saat perut kosong dan biasanya mereda setelah menelan makanan. Selain itu, dapat juga akibat setelah mengkonsumsi makanan yang merangsang sekresi lambung, seperti: makanan yang masam, makanan yang pedas, alkohol, dan lain-lain.

Obat Sakit maag:

  • 15-20 lembar daun salam dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.

Mabuk akibat alkohol:

  • 1 genggam buah salam yang sudah masaK dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Peras dan saring, lalu diminum,

Obat Kudis, gatal:

Rasa gatal merupakan hal biasa yang dapat terjadi pada setiap orang. Gatal-gatal ditandai dengan adanya rangsangan saraf tertentu sehingga timbul rasa dan keinginan untuk menggaruk. Sedangkan kadas ditandai dengan adanya warna merah dan sisik pada permukaan kulit dan terasa gatal.

Penyebab:

Penyebab gatal antara lain: gigitan serangan  alergi, dan lain-lain.

  • Daun salam atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.
Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: buy backlinks | Thanks to webdesign berlin, House Plans and voucher codes