Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi Pendidikan Kimia S1

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

Visi:

“Menjadi PS yang unggul, dinamis dan bermutu di Indonesia wilayah Barat pada bidang Pendidikan Kimia pada tahun 2020 berlandaskan nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

Misi:

  1. Melaksanakan pendidikan kimia yang bermutu, profesional dan unggul berdasarkan iman dan taqwa (M1)
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan kimia  (M2)
  3. Memberikan layanan yang berkualitas kepada masyarakat dalam  bidang pendidikan kimia (M3)
  4. Meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain dan instansi terkait (M4)

Tujuan:

  1. Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menguasai materi pengajaran kimia secara komprehensif dan mampu mengajarkan (berkomunikasi ilmiah) dengan baik berdasarkan kurikulum yang berlaku (terkait M1)
  2. Meningkatkan mutu dosen dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan (terkait M1)
  3. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta dapat mengaplikasikannya dalam pengajaran kimia (terkait M1)
  4. Membudayakan iklim akademik yang kondusif dan proaktif dalam bidang penelitian pendidikan kimia (terkait M2)
  5. Menyebarluaskan hasil penelitian pendidikan kimia melalui seminar, publikasi, paten, dan buku pada tingkat regional dan nasional.
  6. Mampu berkarya baik di bidang pendidikan kimia maupun dalam kehidupan bermasyarakat (terkait M3)
  7. Mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, dan instansi terkait dalam meningkatkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi (Terkait M4)

Sasaran dan Strategi Pencapaian:

Kode

Sasaran Strategis

Strategi Pencapaian

a.1

Daya saing dalam seleksi mahasiswa baru meningkat

a.1.1. Melakukan promosi akademik dan non akademik program studi ke masyarakat  luas melalui berbagai media

a.1.2. Meningkatkan standar penerimaan mahasiswa baru

a.1.3. Melaksanakan seleksi jalur prestasi untuk mahasiswa baru

 

a.2

Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa meningkat dari 3,28 menjadi 3,4

a.2.1. Meningkatkan Kualitas pelayanan dan menambahkan sarana dan prasarana sumber belajar

a.3

Prestasi mahasiswa meningkat

a.3.1. Memfasilitasi sarana dan prasarana terkait keilmuan, minat, dan bakat mahasiswa

a.3.2. Memotivasi mahasiswa untuk percaya diri mengikuti berbagai kompetisi melalui berbagai workshop dan kuliah umum

a.3.3. Mengalokasikan dana untuk keikutsertaan mahasiswa dalam berbagai kompetisi

a.4

Pelacakan lulusan dilakukan secara Intensif dan komprehensif

a. 4.1. Membentuk tim tracer study ditingkat jurusan secara berkesinambungan

a. 4.2. Mengelola website alumni secara intensif

a.5

Masa tunggu lulusan untuk mendapatkan kerja pertama singkat sesuai dengan bidang keahlian

a. 5.1. Menyediakan informasi terkait lowongan pekerjaan di website jurusan dan alumni

a. 5.2. Melaksanakan pelatihan interview untuk mahasiswa tahun akhir

a. 5.3. Meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja

a.6

Partisipasi alumni dalam mendukung program studi meningkat

a.6.1. Memfasilitasi pertemuan alumni secara rutin

a.6. 2. Meningkatkan keterlibatan alumni dalam berbagai kegiatan bidang studi

a.7

Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan PKM tinggi

a.7.1. Membekali mahasiswa dengan keterampilan penyusunan proposal

a.7.1. Meningkatkan relevansi kurikulum dengan kegiatan PKM


Kode

Sasaran Strategis

Strategi Pencapaian

b.1

Sistem seleksi, perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan terkelola dengan baik

b.1.1. Melengkapi Buku pedoman tentang sistem seleksi, perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan

b.1.2. Meningkatkan tata kelola tentang sistem seleksi, perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan

b.2

Sistem monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan terlaksana

b.2.1. Menyediakan buku pedoman tentang sistem monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan

b.2.2. Mensinergikan UPMI, GPMI dan BPMI dalam kegiatan monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan

b.3

Monitoring dan evaluasi kinerja dosen di bidang pendidikan, penelitian, pelayanan/ pengabdian masyarakat terlaksana

b.3.1. Meningkatkan tata kelola monitoring dan evaluasi kinerja dosen di bidang pendidikan, pelayanan/ pengabdian masyarakat

b.3.2. Mewajibkan dosen untuk mengisi BKD setiap semester dan SKP setiap tahun untuk dosen dan tenaga kependidikan

b.4

Rekrutmen tenaga dosen sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan

b.4.1. Mengoptimalkan proses rekrutmen dosen sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan

b.4.2. Meningkatkan standar rekrutmen tenaga dosen

b.5

Keahlian dosen bidang studi meningkat

b.5.1. Mendorong dosen untuk studi lanjut S3

b.5.2. Meningkatkan kompetensi dosen melalui pelatihan dan seminar

b.6

Jumlah dosen tetap yang memiliki jabatan lektor kepala dan guru besar meningkat

b.6.1. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk pengurusan naik pangkat

b.7

Semua dosen memiliki sertifikat pendidik professional

b.7.1. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk memiliki sertifikat pendidik

b.8

Jumlah kegiatan dosen dalam aktivitas ilmiah meningkat

b.8.1. Mendorong dosen untuk melaksanakan kegiatan ilmiah

b.8.2. Menyediakan informasi kegiatan ilmiah yang bisa diikuti melalui berbagai media

b.9

Prestasi dosen tingkat nasional dan internasional meningkat

b.9.1  Memfasilitasi dosen untuk berkompetisi di tingkat nasional dan internasional

b.10

Publikasi nasional dan internasional dosen meningkat

b.10.1  Meningkatkan kompetensi dosen dalam publikasi dengan mengadakan pelatihan

b.11

kompetensi dan keahlian PLP meningkat

b.11.1  Memfasilitasi PLP untuk mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensi dan keahlian

 

Kode

Sasaran Strategis

Strategi Pencapaian

c.1 Lulusan PS Pendidikan Kimia mampu mengikuti perkembangan ilmu kimia

c.1.1.Meningkatkan jumlah dosen yang mengikuti seminar nasional dan internasional

c.1.2.Memperbanyak jumlah mahasiswa yang mengikuti seminar baik lokal, nasional maupun internasional

c.1.3  Memperbanyak jumlah jurnal-jurnal internasional di perpustakaan

c.1.4  Memperbanyak buku-buku tentang pendidikan di perpustakaan

c.2

Lulusan PS Pendidikan Kimia mampu mengaplikasikan ilmunya dalam masyarakat

 

c.2.1.Mengikutkan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat dosen

c.2.2.Mendorong mahasiswa mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat

c.2.3 Mengundang alumni mengikuti kegiatan seminar akademik di jurusan kimia

 

Kode

Sasaran Strategis

Strategi Pencapaian

d.1

Peningkatan jumlah proposal penelitian tingkat nasional

d.1.1. Mengadakan workshop pembimbingan pembuatan proposal penelitian

d.2

Peningkatan jumlah dosen yang terlibat dalam penelitian

d.2.1. Membentuk kelompok bidang ilmu untuk membentuk payung-payung penelitian di bidang pendidikan

d.3

Peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian

d.3.1. Mewajibkan dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam penelitiannya

d.4

Meningkatkan jumlah penelitian tindakan kelas

d.4.1. Mendorong dosen dalam melakukan penelitian tindakan kelas

d.4.2  Memfasilitasi dosen dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas

 

Kode

Sasaran Strategis

Strategi Pencapaian

e.1

Peningkatan jumlah publikasi ilmiah baik di jurnal nasional maupun di jurnal internasional

e.1.1.Mendorong dosen dalam mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal nasional maupun jurnal internasional

e.1.2 Memfasilitasi dosen dalam publikasi hasil penelitiannya

e.1.3 Mengikutkan dosen dalam workshop penulisan artikel ilmiah untuk jurnal nasional dan internasional bereputasi

e.2

Peningkatan jumlah pemakalah dalam seminar nasional maupun seminar internasional

e.2.1. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk mengikuti seminar nasional dan internasional

e.2.2 Memfasilitasi dosen dalam mengikuti seminar nasional dan internasional

e.3

Penyelenggaraan seminar nasional

e.3.1.Mengadakan kegiatan tahunan seminar akademik dan seminar nasional

 

Kode

Sasaran Strategis

Strategi Pencapaian

f.1 Pemanfaatan teknologi tepat guna hasil penelitian meningkat

f.1.1. Mendorong dosen mengimplementasikan hasil penelitian pendidikan di sekolah

f.1.2. Memfasilitasi dosen dalam publikasi hasil penelitiannya

f.1.3. Mengikutkan dosen dalam workshop penulisan artikel ilmiah untuk jurnal nasional dan internasional bereputasi

f.2 Pemanfaatan model/media/desain hasil penelitian pendidikan meningkat

f.2.1. Mendorong dosen untuk memakai model/prototipe/ desain hasil penelitian dalam pembelajarannya

f.2.2. Memfasilitasi dosen dalam mengikuti seminar nasional dan internasional

f.3 Pemanfaatan hasil penelitian dalam pengabdian kepada masyarakatMeningkat

f.3.1.  Mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada guru-guru dengan menggunakan model/ prototype/ desain yang dihasilkan

 

Kode

Sasaran Strategis

Strategi Pencapaian

g.1

Terjalin kerjasama dengan perguruaan tinggi lain

g.1.1.Aktif menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain

g.2

Mengadakan Kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat

g.2.1. Aktif menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota

g.3

Mengadakan kerjasama dengan instansi terkait

g.3.1.Aktif mengadakan kerjasama dengan berbagai instansi terkait


 

Powered by WordPress | Designed by: buy backlinks | Thanks to webdesign berlin, House Plans and voucher codes