Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana

A.     Visi Program Studi

Program Studi Pendidikan Kimia PPs UNP adalah Program Unggulan yang menghasilkan ahli pendidikan kimia yang dapat bersaing di tingkat nasional dan regional dengan berlandaskan iman dan taqwa

 

B.     Misi Program Studi

Berdasarkan visi yang telah ditetapkan, maka Misi Program Studi S2 Pendidikan Kimia adalah :

  1. Melakukan inovasi dalam pembelajaran kimia.
  2. Membentuk guru profesional dan memiliki pengetahuan yang mendalam dalam pembelajaran kimia.
  3. Melaksanakan pendidikan kimia yang berkualitas agar lulusan mampu bersaing di tingkat nasional dan regional.
  4. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kerjasama dengan sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran kimia di sekolah.
  5. Melakukan seminar dan diskusi, baik yang bersangkutan dengan mata kuliah, maupun yang berkenaan permasalahan masyarakat dan pendidikan Kimia lainnya.
  6. Ikut serta dalam memberikan saran dan pendapat bagi perbaikan mutu pendidikan Kimia di Indonesia sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

 

C.    Tujuan:

  1. Menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga pengajar yang  profesional  dan berkarakter.
  2. Menghasilkan tenaga pengajar dan peneliti di bidang pendidikan kimia yang handal dan berdedikasi tinggi – untuk jenjang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni yang selaras dengan kebutuhan pembangunan bangsa Indonesia.
  3. Menghasilkan tenaga pengajar yang mampu mengidentifikasi permasalahan – permasalah yang berhubungan dengan pendidikan, khususnya pendidikan kimia, serta mampu memberikan solusi–solusi terhadap permasalahan yang ditemukan.
  4. Menjadi pusat pendidikan yang terkemuka dalam menyiapkan tenaga ahli Pendidikan Kimia melalui penelitian, pengembangan, dan penyebarluasan teori – teori dan prinsip–prinsip ilmu kimia dan pembelajaran kimia.
  5. Sebagai wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang memiliki literasi sains dan teknologi.
  6. Menghasilkan lulusan–lulusan yang kreatif, berpikiran kritis, dan mampu berwirausaha dalam bidang kimia dan pendidikan kimia dalam rangka menciptakan lapangan kerja baru.
  7. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi akademik maupun oordinator dalam ilmu pendidikan kimia, menjadi guru bina dan selalu mengembangkan ilmu melalui penelitian dan pengembangan sesuai dengan bidang studinya.
  8. Dapat bekerjasama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan kinerja pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat.

 

 

D.    Kompetensi Utama

Kompetensi utama lulusan S2 Pendidikan Kimia adalah (a) memiliki wawasan luas di bidang ilmu kimia yang meliputi kimia organik, kimia anorganik, biokimia, kimia fisik, kimia analitik, dan ilmu – ilmu dasar kimia; (b) memiliki konsep – konsep dasar pendidikan, pendidikan kimia serta proses belajar mengajar kimia; (c) mahir dalam merencanakan program pengajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku; (d) memiliki kompetensi dalam memecahkan masalah–masalah yang dihadapi dalam interaksi pembelajar dan pengelolaan laboratorium; (e) luwes dalam memilih serta mengembangkan metode dan media pembelajaran yang diperlukan dalam proses pembelajaran; (f) mampu mengevaluasi hasil belajar dan melaksanakan tindakan–tindakan lanjut sebagai hasil dari evaluasi.

 

E.     Kompetensi Pendukung

Kompetensi pendukung lulusan S2 Pendidikan Kimia adalah (a) memiliki keterampilan dalam ilmu komputer dan internet dalam rangka pengembangan media pembelajaran berbasi ICT (Information Communication and Technology); (b) mampu mencari informasi dari berbagai sumber informasi baik primer maupun sekunder, pencarian lewat internet, dan buku teks, serta mampu menganalisis dan mengkomunikasikan informasi yang diperoleh untuk kemajuan pengajaran; (c) menguasai penggunaan teknologi informasi, (d) Mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma agama dan mengembangkan karakter mahasiswa.

Powered by WordPress | Designed by: buy backlinks | Thanks to webdesign berlin, House Plans and voucher codes